Pindah ke Rumah Baru

key-with-keychain-blue-house_1156-631

Di awal tahun baru biasanya akan banyak pertanyaan yang mengarah kepada resolusi, revolusi, atau apapun istilahnya yang mengarah kepada perubahan di tahun yang baru. Nah, mengawali tahun baru ini saya mengajak para pembaca khususnya saya pribadi, untuk lebih dekat dan mengenali lingkungan sekitar.

Sebagai seorang pendatang di tempat yang baru, tentu masih asing dan butuh adaptasi dengan tempat tinggal sekarang. Tetapi sebagai pendatang, kita lah yang harus mengenalkan diri terlebih dahulu kepada para tetangga. Caranya? Berikut sedikit tips dari saya.

  • Bertamu

Masaklah atau beli pun tak apa, tergantung situasi dan kondisi, kemudian bertamulah kepada beberapa rumah di sekitar tempat tinggal dan bawalah seluruh anggota keluarga untuk diperkenalkan. Bawa juga makanan yang sudah disiapkan.

  • Bergabung dengan kelompok ibu-ibu atau pengajian.

Biasanya di setiap komplek perumahan pasti ada kelompok ibu-ibu. Ntah kelompok pengajian, kelompok senam, PKK, atau apapun yang bersifat positif dan membangun. Nah, bergabung lah dengan kelompok itu sembari membawa anak-anak untuk sekedar memperkenalkan diri dan menyambung silaturrahim.

  • Ramah dan santun

Walaupun belum kenal dengan para tetangga atau yang berseliweran di sekitar rumah, usahakan untuk selalu ramah dan santun kepada mereka. Senyum dan sapa lah duluan, tapi ingat senyum nya hanya untuk yang mahrom saja. Siapa pun yang bukan mahram kita, jangan disenyumi karena itu akan menimbulkan gejolak keburukan, membuka pintu syaitan dan kemaksiatan. Sekedar basa-basi sedikit tak apa. Tanyakan misalnya, “mau kemana bu?”, “darimana bu?”, “nyari siapa bu?”, sesuaikan pertanyaan tergantung situasi dan kondisi pada saat itu.

  • Acara syukuran

Jika memungkinkan kondisi keuangan, waktu, tenaga, dan tempat, undanglah para tetangga dan berikanlah jamuan yang terbaik. Selain untuk memperkenalkan diri dan anggota keluarga, para tetangga juga pasti sangat senang. Selain senang mendapat tetangga baru yang baik hati, juga dapat makan gratis. Eh.. abaikan, maaf selingan tanpa makna.

Semoga bermanfaat 🙂

Advertisements

Author: Omak Zain

Learning to become a wonderful mama for childs and istri sholiha for husband

2 thoughts on “Pindah ke Rumah Baru”

  1. Makasih tipsnya. Wah…saya dah mager nih di rumah saya. Tetangga depan yg gonta-ganti krn rumah kontrakan. Kadang yg ngontrak ramah, pernah juga sombong banget. Alhamdulillah yg sekarang ramah…
    Salam kenal ya…

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s